Suzuki GSX-R150 coba goyang dominasi CBR150R

Suzuki GSX-R150 coba goyang dominasi CBR150R
Suzuki GSX-R150 dan All New Honda CBR150R (inset). © Suzuki Indonesia dan AHM
Penjualan motor sport kelas 150cc sepertinya membangkitkan gairah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk ikut bermain di area itu. Untuk itulah mereka memperkenalkan GSX-R150 pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016.

Anggota keluarga GSX bermesin terkecil itu siap meramaikan peta persaingan di pasar nasional dan akan berhadapan langsung dengan Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang dilansir mesinbalap.com, CBR150R mendominasi dengan angka penjualan mencapai 69.671 unit pada periode Januari-Oktober 2016. R15 menyusul dengan 34.169 unit.

Dengan motor sport ini sepertinya Suzuki ingin mengulang kembali masa jaya mereka yang sempat terjadi pada era 1990-an dengan larisnya produk dari keluarga Satria (120R 2-tak), RG-R150 (sport fairing 150cc 2-tak), serta FX-R (sport fairing 150cc 4-tak).

Oleh karena itu, walau baru akan diluncurkan pada Februari tahun depan, SIS, Rabu (21/12/2016), sudah membongkar spesifikasi GSX-R150.

SIS juga langsung memandang Honda CBR150R, motor terbaik 2016 versi wartawan otomotif Indonesia, sebagai lawan yang bakal mereka taklukkan.

Bisakah?

Dari segi tampilan, kami menilai desain keseluruhan GSX-R150 tampak lebih kalem dibandingkan CBR150R yang penuh sudut tajam dan tampak lebih garang.

Walau demikian, SIS yakin performa GSX-R150 di jalan aspal tidak akan kalah, bahkan mungkin melebihi, CBR150R karena sama-sama mengusung mesin 4-tak DOHC dengan silinder tunggal.

Situs otomotif lokal, Dapurpacu.com (21/12), membongkar data hasil pengujian yang menunjukkan performa GSX-R150 bisa melebihi CBR150R dan R15.

Hasil dyno test menunjukkan bahwa GSX-R150 bisa mengeluarkan tenaga maksimal hingga 19,1 hp pada 11.000 rpm, lebih besar dari R15 (16,6 hp) dan CBR150R (17,1 hp). Walau demikian, torsi maksimumnya 13,9 Nm masih lebih kecil dari R15 (14,5 Nm), tetapi 2 Nm lebih besar daripada CBR150R.

Mesin yang digunakan memang sama dengan Suzuki Satria F150, tetapi pembaruan yang dilakukan membuat tenaga yang keluar dari mesin GSX-R150 menjadi lebih besar.

GM SIS, Riecky Patrayudha, menyatakan ada tiga hal yang menjadi pembeda utama. Pertama adalah rasio gigi transmisi atau gear ratio.

"Semua rasio gigi itu berbeda, mulai dari satu sampai final gear untuk memberikan rasa berkendara yang lebih sporty pada Suzuki GSX-R150," papar Riecky dalam acara temu media di Jakarta, Rabu (22/12), dikutip Motomaxx.

Komponen kedua yang berbeda adalah desain lubang injektor. Pada mesin Suzuki Satria F150 hanya ada delapan lubang, sementara mesin Suzuki GSX-R150 terdapat 10 lubang. Jumlah lubang yang lebih banyak membuat bahan bakar yang dikeluarkan untuk pembakaran menjadi lebih banyak, sehingga tenaga yang keluar lebih besar.

Hal terakhir yang menjadi pembeda adalah penyesuaian yang dilakukan lewat mappping engine control module (ecm).

Mesin GSX-R150 juga bisa mencapai putaran per menit tertinggi di kelasnya, yakni 11.000 rpm dengan karakter overbore, yang berimbas pada tarikan bawah yang tak segalak tarikan atas.

Hal lain yang membuat motor ini diklaim bisa melesat lebih cepat adalah bobotnya relatif ringan. Motor berdimensi panjang 2.020 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.075 mm ini hanya berbobot 126 kg, lebih enteng 9 kg dari CBR150R.

Beberapa fitur lain yang akan dipasangkan di motor sport ini sebagai ketersediaan standar adalah lampu utama berbasis teknologi LED, spidometer full digital LCD, serta Keyless Ignition System yang merupakan terobosan baru dan pertama dalam sejarah model sepeda motor yang dijual di Indonesia.

Suzuki akan meluncurkan GSX-R150 pada Februari 2017 dengan mendatangkan pebalap tim MotoGP Suzuki Ecstar, Andrea Iannone.

Saat ini pihak SIS memang belum mengumumkan harga resmi motor ini, namun diharapkan banderolnya dapat bersaing dengan All New CBR150R yang dilego mulai Rp32,5 juta hingga Rp33,3 juta.

Para peminat sudah bisa memesan secara online melalui situs khusus ini. Setelah melengkapi syarat yang ditentukan, pemesan akan dihubungi diler yang ditunjuk Suzuki, lalu diminta membayar biaya pemesanan sebesar Rp500.000.

Ada lima warna motor yang ditawarkan, termasuk Metallic Triton Blue bermotif khas livery tim MotoGP Suzuki Ecstar.

Berikut kami lampirkan spesifikasi GSX-R150 dan CBR150R untuk perbandingan:
Suzuki GSX-R150 coba goyang dominasi CBR150R
Suzuki GSX-R siap bersaing dengan All New Honda CBR150R © Suzuki Indonesia / Astra Honda Motor

Suzuki GSX-R150


  • P x L x T: 2.020 x 700 x 1.075 mm
  • Sumbu roda: 1.300 mm
  • Tinggi jok: 785 mm
  • Jarak ke tanah: 160 mm
  • Berat: 126 kg
  • Mesin: DOHC 4 valve berpendingin air
  • Silinder: 1 silinder
  • Bore x stroke: 62 x 48,8 mm
  • Tenaga: 14,1 kw (18,9 HP) @ 11.000 rpm
  • Torsi: 40 Nm @ 8.500 rpm
  • Transmisi: 6-percepatan
  • Rangka: Diamond
  • Ban depan: 90/80-17
  • Ban belakang: 130/70-17
  • Tangki bahan bakar: 11 liter
  • Emisi: Euro 3

Honda CBR150R


  • P x L x T : 1.983 X 694 X 1.038 mm
  • Sumbu roda: 1.311 mm
  • Tinggi jok: 787 mm
  • Jarak ke tanah: 166 mm
  • Berat: 135 kg
  • Mesin: DOHC 4 valve water cooled
  • Silinder: 1 silinder
  • Bore x stroke : 57,3 x 57,8 mm
  • Tenaga: 12,6 kW (17,1 HP) @ 8.500 rpmTorsi: 13,7 Nm @ 7.000 rpm
  • Transmisi : 6-percepatan
  • Rangka: Diamond (truss) frame
  • Ban depan: 100/80-17
  • Ban belakang: 130/70-17
  • Tangki bahan bakar: 12 liter
  • Emisi: Euro 3

Comments

Popular posts from this blog

Ini Potret Wanita-Wanita Yakuza

Pesawat PM Israel Harus Hindari Wilayah Indonesia

3 SMARTPHONE TERBAIK PALING DITUNGGU DI TAHUN 2017!