5 tip lindungi rambut berwarna saat berenang

5 tip lindungi rambut berwarna saat berenang
Anda dapat melindungi keindahan rambut dengan berbagai cara © Oleg GawriloFF /Shutterstock
Renang memang menyenangkan dan dapat membuat tubuh lebih bugar. Baik renang di pantai di luar kota maupun sekadar menghabiskan akhir pekan di kolam, renang menyegarkan tubuh.

Masalah yang sering terjadi adalah, beberapa bagian tubuh seperti rambut dapat menjadi kering setelah terkena air laut maupun klorin yang ada di dalam air kolam.

Parahnya lagi, tak banyak dari kita yang menyadari akan pentingnya melindungi rambut sebelum berenang. Rambut, apalagi yang telah melalui proses bleaching dan pewarnaan pasti menjadi lebih rapuh dan lebih mudah rusak.

Untuk itu, ada beberapa cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk membuat rambut berwarna tetap sehat.

Sengatan matahari

Jika Anda berenang di kolam terbuka atau di pantai, sinar matahari juga merupakan musuh utama.

Sinar ultraviolet dapat merontokkan zat melanin pada rambut. Jika rambut Anda dicat, warnanya pasti akan berubah menjadi gradasi yang lebih terang jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan.

Cosmopolitan menyarankan, untuk menghindari hal tersebut gunakan produk untuk rambut yang mengandung perlindungan bagi rambut yang diwarnai. Misalnya sampo khusus rambut diwarnai yang tak banyak mengandung detergen. Anda juga dapat menggunakan pelindung rambut dari sinar UV berbentuk spray.

Ikat rambut

Glamour menyarankan untuk sebisa mungkin hindari rambut dari air laut atau klorin. Cara sederhananya, Anda bisa menguncir tinggi atau mengepang rambut Anda.

Jika terpaksa harus menenggelamkan kepala, cobalah untuk mengenakan topi khusus untuk renang.

Basahi rambut

Stylecraze melansir, rambut jika diperbesar memiliki banyak rongga di dalamnya. Rongga inilah yang dengan mudah dimasuki oleh cairan yang menyentuh batang rambut.

Karena itu sebelum memasuki area air garam maupun air yang mengandung klorin, ada baiknya Anda membasahi rambut. Batang rambut yang telah basah dan rongganya dimasuki air akan lebih sulit dimasuki oleh zat klorin.

Lebih baik lagi jika Anda membawa conditioner saat akan berenang. Oleskan conditioner secara menyeluruh pada batang rambut untuk melindunginya.

Lindungi dari air laut

Air laut yang mengandung garam dapat menyebabkan kutikula rambut terbuka. Hal ini berdampak buruk bagi rambut karena kutikula yang tertutup dapat menjaga pigmen. Sebaliknya kutikula yang terbuka membuat pigmen dapat dengan bebas keluar dari rambut dan membuatnya tampak tak berkilau. Bagi Anda yang mengecat rambut berwarna terang, tentu rambut akan terlihat semakin kusam.

Jika ingin berenang di laut, gunakan leave in conditioner sebelumnya. Leave in conditioner akan menjaga rambut dari terkena air laut secara langsung.

Setelah berenang, langsung bilas rambut dengan air tawar hingga benar-benar bersih.

Bersihkan menyeluruh

Jika rambut sudah terlanjur terkena klorin atau air garam dari laut, segera bersihkan dengan langkah ini.


  • Cuci rambut dengan air berkarbonasi. Menurut Livestrong, air berkarbonasi ampuh melenyapkan klorin dari rambut Anda
  • Gunakan clarifying shampoo. Jenis sampo ini dapat membantu membersihkan rambut dan kulit kepala dari klorin serta sisa-sia produk penata rambut.
  • Selagi rambut masih basah, segera semprotkan pelembap pada rambut untuk mencegahnya kering dan rusak

Comments

Popular posts from this blog

Ini Potret Wanita-Wanita Yakuza

Pesawat PM Israel Harus Hindari Wilayah Indonesia

3 SMARTPHONE TERBAIK PALING DITUNGGU DI TAHUN 2017!