Motor petualangan Honda dikabarkan siap diproduksi massal

Dengan tampilan sporty, dan bekal mesin 750cc, bukan tak mungkin motor ini akan menjadi primadona di tanah Eropa, bahkan Asia © Honda /World.honda.com
Ada kabar baik bagi para penyuka motor skuter matik berkarakter adventure, alias petualangan. Pasalnya, motor konsep Honda City Adventure (HCA) yang diperkenalkan pada ajang EICMA 2015, kabarnya tengah diuji coba dan segera diproduksi massal.

Walaupun secara desain motor ini terlihat seperti motor lintas alam, namun menurut situs otomotif Italia Moto.it, skuter ini tidak diciptakan untuk jalur off-road, melainkan untuk menaklukkan padatnya jalur perkotaan beraspal mulus.

"Motor Ini membawa semangat petualangan ke jantung kota dan menggarisbawahi komitmen Honda untuk mencari cara-cara baru untuk menciptakan teknologi yang unik guna meningkatkan dan memperkaya gaya hidup pelanggan," kata Honda dalam rilis resminya (h/t Autoblog) saat memperkenalkan motor konsep tersebut.

Visordown (24/2/2016) mengabarkan motor tersebut kemungkinan bakal menyandang nama "X-ADV" atau "Honda X-ADV" karena pabrik dari Jepang itu tengah mengajukan hak atas dua nama dagang (trademark) tersebut.

Pada akhir tahun lalu Honda juga telah mengajukan hak atas nama dagang "ADV" tapi prosesnya belum selesai hingga sekarang. Honda tampaknya khawatir merek dagang "ADV" tidak diterima, karena sudah banyak digunakan oleh motor berjenis adventure lainnya, sehingga mereka mengajukan dua nama baru itu.

Sejak diperkenalkan di EICMA, Honda memang belum pernah merilis kabar mengenai HCA ini, namun pada awal Februari 2016, kamera video laman sepeda motor ternama Italia, OmniMoto, rupanya menangkap sosok motor mirip HCA yang tengah diuji coba di jalanan Italia.

Honda juga belum merilis detail spesifikasi motor ini, tetapi banyak yang memperkirakan HCA akan menggunakan mesin otomatis 745 cc, 2 silinder, SOHC, dan berpendingin cairan. Motor ini dikatakan merupakan kombinasi antara Honda NC750 dan Honda Integra.

Jika mesin tersebut yang digunakan, diperkirakan HCA bakal bertenaga maksimal 54 hp dengan torsi maksimum 68 Nm. Tenaga tersebut akan disalurkan ke roda dengan transmisi DCT seperti yang telah diterapkan pada salah satu jajaran skutik Big Bike, NM Vultus.

Motor ini tampil dengan suspensi depan dan belakang yang terlihat tinggi. Tampak pula ban semi off-road melingkari pelek jari-jari berukuran 17 inci dengan cakram ganda untuk ban depan, dan cakram tunggal yang tersemat pada pelek 15 inci untuk ban belakang.

Sampai saat Honda masih menutup rapat-rapat informasi lengkapnya.

Apakah mereka akan memperkenalkan versi produksi massal HCA dalam ajang EICMA 2016 di Milan pada November? Kita tunggu saja.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Potret Wanita-Wanita Yakuza

Pesawat PM Israel Harus Hindari Wilayah Indonesia

3 SMARTPHONE TERBAIK PALING DITUNGGU DI TAHUN 2017!