Honda Giorno, skutik desain retro dengan mesin kecil

Honda Giorno
Honda Giorno 2015 /Motorcycle.honda.ca
Melalui situs resminya, Honda Jepang dikabarkan akan merilis varian skuter matik (skutik) berlabel Giorno versi 2015 secara resmi pada 16 Oktober 2015 di Jepang. Motor dengan desain retro ini rencananya akan didatangkan dari Tiongkok, baru kemudian dirakit secara CKD (completely knock down) di pabrik Honda Kumamoto, Jepang.

Honda menciptakan Giorno sebagai skutik untuk kebutuhan harian, namun begitu Honda juga menyematkan beberapa penyempurnaan mesin dan menambah fitur terbaru. Giorno dipasangkan mesin baru berteknologi eSP (Enhanced Smart Power) berkapasitas 50 cc four-stroke (4 tak) SOHC satu silinder. Teknologi eSP sendiri sejatinya telah diaplikasikan pada motor-motor terbaru Honda, tujuannya yakni meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Seperti dikatakan Topspeed, inilah Giorno generasi ketiga yang telah mengalami fase penyempurnaan dalam segala hal yang terkait kebutuhan harian, yakni dengan menawarkan perpaduan yang sempurna dari efisiensi kepraktisan dan kenyamanan berkendara.

Giorno model pertama dirilis pada 2002 dengan rentang produksi 2002 hingga 2009, dengan menghasilkan angka penjualan yang besar di Amerika Utara. Pada masa itu, model ini juga dikenal dengan nama Honda Metropolitan (Honda CHF 50). Memasuki generasi keduanya pada 2013, Giorno mengalami penyempurnaan pada beberapa bagian, seperti suspensi, setang, desain jok, serta bagasi yang diperluas.

Giorno generasi ketiga dilengkapi dengan fitur Idling Stop System (ISS) yang merupakan salah satu fitur cerdas besutan jenama kenamaan Jepang ini. ISS dirancang bekerja untuk mematikan mesin secara otomatis bila motor berhenti selama 3 detik. Giorno sendiri diklaim memiliki efisiensi hingga 80 kilometer untuk satu liter bahan bakar, tentunya dengan kecepatan konstan pada rata-rata 30 km/jam.

Rockyhonda, menilai motor ini memiliki spesifikasi yang boleh dikatakan lumayan dan responsif saat dibawa bermanuver di jalan raya. Giorno sangat cocok untuk kebutuhan harian karena memiliki bagasi yang lumayan lapang di bawah jok.

Di daratan Asia, Honda membanderol skutik mungil ini dengan harga yang lumayan tinggi. Di Jepang sana pembeli harus merogoh kocek 189.000 yen atau setara dengan Rp21,4 juta berdasarkan kurs hari ini.

Astra Honda Motor belum mengumumkan mengenai apakah skutik ini akan dijual juga di Indonesia. Tapi melihat semakin besarnya peminat skutik di Nusantara, bukan tidak mungkin Honda akan memboyongnya usai diluncurkan di Jepang.
Honda Giorno

Honda Giorno

Honda Giorno

Comments

Popular posts from this blog

Ini Potret Wanita-Wanita Yakuza

Pesawat PM Israel Harus Hindari Wilayah Indonesia

3 SMARTPHONE TERBAIK PALING DITUNGGU DI TAHUN 2017!